Cara Meraih Ampunan Allah SWT

Cara Meraih Ampunan Allah SWT

Setiap muslim tentunya tidak pernah luput dari yang namanya “dosa”, baik yang rajin ibadah maupun tidak. Ada muslim yang melakukan dosa kecil, ada juga yang terbelenggu oleh dosa besar. seorang muslim harus sadar bahwa dosa merupakan kesalahan yang gugur dengan taubat, karena setiap insan tak pernah luput dari dosa, maka upaya taubat harus selalu dilakukan oleh setiap muslim.

Jalan taubat merupakan rahmat dari Allah swt, bertanda pengampunan kepada hambanya  tiada batas. Namun, hamba yang kurang kesadaran terhadap perbuatan dosa, upaya taubat selalu ditunda dan bahkan diabaikan. Justru dengan cara bertaubat-lah Allah SWT memberi ampunannya, sehingga tidak ada sanksi dan balasan di akhirat kelak.

KH Abdul Aziz Mudzakir, Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Khusus Anak Al Azka, Cisauk, Tangerang, Banten. Memberi kata hikmah di audio teks, bahwa ada hadits Rasulullah SAW yang berisi “Maukah engkau (sahabat) aku beri tau amalan dengannya dosa diampuni dan diangkat derajatnya?” Para sahabat pun lekas menjawab “mau ya Rasulullah”. Kemudian Rasulullah meneruskan “Pertama, menyempurnakan wudhu disaat yang sulit. Kedua, memperbanyak Langkah menuju masjid. Ketiga, menunggu shalat setelah shalat.”

Kemudian KH. Abdul Aziz Mudzakir melanjutkan penjelasannya, yang dimaksud menyempurnakan wudhu disaat yang sulit seperti berwudhu saat sebelum tidur. Point kedua tentunya mendirikan shalat wajib berjamaah di Masjid. Sedangkan ccontoh amalan pada point ketiga seperti : setelah melaksanakan shalat magrib di masjid, dilanjutkan dengan amalan shalat sunnah atau membaca al-quran, dengan niat itikaf di masjid dari ba’da magrib sampai masuk waktu shalat isya.

Allah swt memberi jalan bagi hamba untuk maraih taubatnya, maka hambanyalah yang melangkah menuju jalan tersebut. Selama setiap muslim masih hidup, pintu taubat yang Allah buka bagi hambanya akan terus terbuka. Jangan sampai sifat menunda taubat menjadi penyesalan yang tiada akhir, karena belum sempat bertaubat sedangkan ajal sudah menjemput.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *