Keutamaan Sibuk dengan Al-Quran

Keutamaan Sibuk dengan Al-Quran

Kebahagiaan hidup di dunia bukan terletak sebarapa banyak harta yang kita miliki, karena bahagia berada dalam hati yang diperoleh dari ketenangan batin. Salah satu cara merawat hati ialah dengan membaca al- quran, sebagaimana sabda rasulullah saw :

إِنَّ هَذِهِ الْقُلُوْبَ تَصْدَأُ  كَمَا يَصْدَأُ الْحَدِيْدُ إِذَا أَصَابَهُ الْمَاءُ، قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، وَمَا جَلَاؤُهَا؟ قَالَ: كَثْرَةُ ذِكْرِ الْمَوْتِ وَتِلاَوَةِ الْقُرْآنِ

Artinya: “Sesungguhnya hati itu bisa korosi sebagaimana besi ketika bertemu dengan air. Kemudian ada yang bertanya kepada Baginda Nabi, ‘Ya Rasulallah, lalu apa yang dapat menghilangkan korosi tersebut?’ Rasul menjawab, ‘Banyak mengingat kematian dan membaca Al-Qur’an’.” (HR Baihaqi).

Seorang muslim dan muslimah yang selalu sibuk membaca al-quran, memiliki beragam keistimewaan, sebagaimana yang dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, dalam kitabnya Abwabul Faraj, Darul Kutub Al Ilmiyyah, Beirut, 1971, halamn 73. Yakni sebagai berikut :

Pertama, diakui sebagai keluarga allah dan sebagai orang yang keistimewaanya diakui.

Kedua, Mereka yang mahir membaca al-Quran, diakhirat akan bersama dengan malaikat pencatat yang selalu berbuat kebajikan.

Menurut al-Qurthubi dalam kitabnya Fathul Bari’ yang dimaksud dengak kata Mahir Membaca Al-Quran, yaitu setiap muslim yang hafalan dan ilmu tajwid yang berkualitas, sehingga saat membaca tidak perlu mengulang-ulang atau terbata-bata.

Ketiga, Al-quran merupakan bentuk hidangan dari allah SWT, siapapun yang masuk kedalamnya pasti dijamin keamanannya.

Keempat, Rumah yang senantiasa dibacakan ayat-ayat suci Al-Quran akan dihadiri malaikat. Penghuni rumah akan merasakan rumahnya menjadi luas.

Kelima, Rumah yang dibacakan Al-Quran akan menyinari penduduk langit.

Keenam, Setiap ayat Al-Quran memiliki kebaikan yang banyak.

Ketujuh, Al-Quran membentuk pribadi yang baik bagi pembacanya.

Kedelapan, Al-Quran mampu menjadi obat hati.

Kesembilan, Al-Quran memberi manfaat yang banyak bagi pembaca dan kedua orang tuanya.

Kesepuluh, Setiap mukmin yang senantiasa membaca Al-Quran tidak akan merasakan ketakutan saat kiamat datang.

Kesebelas, Al-Quran akan memberi syafaat bagi pembacanya.

Subahanallah begitu agungnya allah swt memberi keistimewaan bagi ahli Al-Quran dan pembacanya, maka suatu kesia-siaan apabila kita sebagai hamba allah swt melewatkan keistimewaan ini. Allah swt memberi kemudahan bagi setiap hambanya. Apabila kita sebagai orang tua belum fasih dalam membaca Al-Quran, maka jangan biarkan anak kita mengalami hal yang sama.

Pesantren Tahfidz Khusus Anak Al Azka memberi kesempatan bagi anak anda untuk menjadi ahli Al-Quran sejak kecil. Sebagai Pesantren denga unggulan Tahfdiz Al-Quran, Al Azka memiliki cita-cita besar untuk mencetak anak yang tumbuh dan berkembang menuju kemuliaan yang sempurna bersama Al-Quran.

Bergabunglah bersama kami, Info Pesantren:

Call Center : 021 756 73901
SMS/WA : 0857 1993 3638
Email : infoazka@gmail.com
Website : www.azkakamila.com

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/89358/keistimewaan-orang-yang-sibuk-membaca-al-quran-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *