Prinsip agar Istiqomah Beribadah

 

Seorang muslim diciptakan oleh allah swt, tiada lain hanya untuk beribadah kepada allah swt. Sedangkan makna ibadah itu sendiri tidak hanya shalat yang ditentukan waktunya, melainkan segala perbuatan baik yang diniatkan untuk keridhaan allah swt akan bernilai ibadah. Senyum kepada sesama bernilai ibadah, mencari nafkah untuk istri dan anak juga ibadah, jika semua perbuatan baik itu disandarkan pada keikhlasan dan ridho allah swt.

Ukuran kualitas ibadah bukan dilihat seberapa banyak ibadah tersebut dikerjakan, melainkan dinilai dari istiqomahnya. Walaupun ibadah yang dikerjakan tidak begitu banyak atau sedikit, namun dikerjakan secara continue atau istiqomah, ibadah seperti inilah yang dicintai oleh allah swt.

Istiqomah dalam ibadah memang bukan hal yang mudah dikerjakan, bukan berarti kita tidak mampu untuk menerapkannya. Kenapa seseorang sulit istiqomah dalam ibadah? Mungkin banyak alasan dan sebabnya. Apabila kita memahami cara dan tips agar ibadah selalu istiqomah, bukan menjadi hal mustahil kita mampu mengerjakannya.

Menurut KH M. Luqman Hakim Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibin Caringin, Bogor, Jawa Barat. Ada enam prinsip yang membuat manusia istiqomah beribadah kepada allah swt. Prinsip tersebut merujuk kepada proses penghambaan bukan hanya berorientasi tujuan pragmatis belaka. Sedangkan perihal pahala maupun ganjaran diserahkan atas kehendak allah swt.

KH Luqman Hakim menerangkan “Jika Anda jalani prinsip-prinsip ini, itu tanda-tanda mulai istiqomah”. Berikut enam prinsip tersebut:

  1. Shalat lebih utama dibanding Surga
  2. Doamu lebih utama dibanding Kabul
  3. Perjuangan lebih utama dibanding goal-mu
  4. Cinta lebih utama dibanding hadiah-hadiah Allah untukmu
  5. Taubat lebih utama dibanding ampunan
  6. Jangan pernah mengatur Allah

“apa pun kata-katamu atau kata-katanya, apa pun situasimu atau situasinya, apa pun golonganmu atau golongannya, suka dukamu atau suka dukanya, yang terpenting adalah istiqomahmu. Jangan menunggu Istiqomahnya” ucap KH Luqman Hakim.