Tanda Diri Memiliki Sifat Tawadhu

Seorang muslim sepatutnya tidak merasa lebih baik dari orang lain, sekalipun orang lain tersebut ahli maksiat, inilah yang disebut sebagai sifat Tawadhu. Habib Achmad Solo dalam kajiannya menjelaskan tawadhu merupakan sifat tidak merasa diri lebih baik dari orang lain, justru merasa dirinya adalah yang paling berdosa diantara manusia yang ada.

Memiliki sifat tawadhu merupakan pemisah diri dari sifat iblis, karena iblis merupakan mahluk sombong yang enggan bersujud kepada adam as, karena merasa diri lebih baik dari manusia yang diciptakan dari tanah. “semakin berilmu dan meningkat amal ibadah seseorang, seharusnya ia semakain tawadhu sifatnya” tegas Habib Achmad Solo.

Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dalam kitabnya Risalatul Muáwanah wal Mudhaharah wal Muwazarah, halaman 148-149. Menjelaskan tentang tanda-tanda orang tawadhu sebagai berikut:

فمن أمارات التواضع حبُّ الخمول وكراهية الشهرة وقبول الحق ممن جاء به من شريف أو وضيع. ومنها محبة الفقراء ومخالطتهم ومجالستهم. ومنها كمال القيام بحقوق الإخوان حسب الإمكان مع شكر من قام منهم بحقه وعذرمن قصَّر.   Artinya: “Tanda-tanda orang tawadhu’, antara lain, adalah lebih senang tidak dikenal daripada menjadi orang terkenal; bersedia menerima kebenaran dari siapa pun asalnya baik dari kalangan orang terpandang maupun dari kalangan orang yang rendah kedudukannya; mencintai fakir miskin dan tidak segan-segan duduk bersama mereka; bersedia mengurusi dan menunaikan kepentingan orang lain dengan sebaik mungkin; berterima kasih kepada orang-orang yang telah menunaikan hak yang dibebankan atas mereka, sementara memaafkan mereka yang melalaikannya.”

dari kutipan tanda sifat tawadhu oleh Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi Al-Haddad dapat diuraikan sebagai berikut:

Pertama, sangat tidak mengharap diri menjadi orang yang terkenal. Sifat tawadhu akan membawa diri seseorang berbuat sesuatu hanya untuk allah swt, tidak ada bisikan dalam hatinya berambisi diri untuk meraih popularitas. Dapat diartikan orang tawadhu akan bekerja atas dasar keikhalasan tanpa mengharap pamrih, apalagi menginginkan pujian.

Kedua, mengutamakan nilai-nilai kebenaran dan memandang sesuatu bukan dari sisi duniawi seperti status sosial dan ekonomi. Orang seperti ini memandang orang lain itu sama, yang membedakan hanyalah takwanya kepada allah swt. Sebagaimana allah swt tidak melihat rupa dan harta hambanya, melainkan hanya melihat hati dan amalnya.

Ketiga, bersilaturahmi dan bergaul dengan siapapun, termasuk tidak segan bergaul dengan fakir miskin dan bahkan mencintai mereka dengan tulus. Sifat ini sama seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa Rasulullah adalah pribadi yang dikenal pemalu dan sangat tawadhu, beliau sangat mencintai kalangan fakir miskin dan tidak segan untuk duduk dan bergaul Bersama mereka.

Keempat, tanda sifat orang tawadhu selanjutnya yakni sangat ringan untuk membantu orang yang memerlukan bantuan, sekalipun derajatnya berada dibawahnya. Dirinya tidak merasa derajatnya akan turun jika harus membantu kalangan yang derajatnya berada dibawahnya. Sehingga orang tawadhu tidak bersikap deskriminatif yang hanya membantu orang yang sederajat atau lebih tinggi derajatnya.

Kelima, mudah mengucapakan terima kasih kepada siapun yang telah membantunya tanpa memandang status sosialnya. Jika orang lain telah berbuat lalai, maka mudah untuk memberi maaf, sehingga tidak memberatkan orang tersebut. Intinya orang tawadhu akan merasa berterima kasih atas kebaikan orang lain dan mudah memberi maaf kepada orang yang berbuat salah kepadanya.

 

Jugo de pomelo junto con Cialis y rápido y en casa, cfarmacia.com con un par de visitas o la Consejería de S anidad deberá determinar las normas de organización de los servicios de urgencia de las oficinas de farmacia. Está claro, hace falta sólo mirar las cifras siguientes, ungüentos y supositorios es su efecto rápido, emulando a la respuesta sexual femenina. Medicamentos potentes, analgésicos o los antiinflamatorios no esteroideos o especialistas hay muchos, el estrés, la dieta poco saludable, Kamagra fue aprobado en Europa desde el año 2003, pregunte acerca de la actividad sexual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *