YUK MONDOK : ALASAN PENTING ANAK MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

YUK MONDOK : ALASAN PENTING ANAK MENEMPUH PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN

Awalnya pondok Pesantren menjadi lembaga pendidikan non-formal, masjid dan pemondokan menjadi ruang aktifitas santri belajar ilmu. ilmu yang dipelajari santri seputar disiplin ilmu agama seperti : fiqih, tasawuf, sorof, tauhid, akidah, tajwid dan lainnya. Sumber teks rujukan juga dari kitab-kitab klasik seperti kitab kuning yang disusun oleh ulama dan cendikiawan di abad pertengahan. Hal tersebut pesantren sering disebut sebagai kaum tradisonalis.

Seiring bergulirnya waktu dan tuntutan zaman. Teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, banyak pondok pesantren di Indonesia mengikuti perkembangan zaman. Banyak Pesantren Salaf yang mulai membuka pendidikan formal SD, SMP, SMA berbasis islam dan bahkan sampai jenjang perguruan tinggi. Tentu tanpa meninggalkan kultur budaya pesantren, hal ini menjadi pencapaian luar biasa bagi pesantren yang mampu menyediakan pendidikan formal.

Keberadaan tersebut tidak membuat pondok pesantren merasa aman dalam menyalurkan ajarannya, kini mulai banyak bermunculan pesantren yang menawarkan keunggulan bahasa dan pendidikan formal kepada orang tua. Bahkan terdapat pesantren dengan aliran pemahaman yang bertentangan dengan ahlusunnah waljamaah. Santri yang seharusnya menjadi teladan di kampung halaman dan masyarakat, justru menjadi bibit masalah karena salah dalam memilih pondok pesantren.

Keputusan memilih pondok pesantren harus tepat diambil oleh kedua orang tua, mendalami info pesantren sebelum memondokkan anak menjadi hal sangat penting, agar anak tidak salah dipondokkan. Bertanya kepada kawan kerabat yang paham pesantren atau kepada alim ulama menjadi alternatif memperoleh pesantren yang direkomendasikan.

Pesantren bukanlah alternatif akhir sebagai lembaga pendidikan. Pesantren merupakan lembaga pendidikan unggulan dibanding lembaga pendidikan lainnya. Karena anak akan menuntut ilmu serta melakukan kegiatan di pesantren selama 24 jam (mondok). Seluruh aktivitas dan keseharian anak terkontrol oleh pihak pesantren, sehingga minim pengaruh dunia luar mempengaruhi perkembangan anak.

Banyak alasan penting orang tua memondokkan anaknya di pondok pesantren. Namun, terdapat alasan penting menitipkan anak di pondok pesantren dibawah naungan kiai-kiai Nadhatul Ulama (NU). Pertama, ilmu yang diajarkan memiliki sanad keilmuan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.  Ilmu bersanad merupakan ilmu yang runtutan sumbernya sampai ke ilmu baginda nabi Muhammad SAW. Sehinga orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya dibekali berbagai disiplin ilmu agama.

Kedua, Pesantren mendidik santri untuk tidak berfikir oposisi-binner. Sebuah gaya berfikir yang menentang perbedaan. Pesantren mengajarkan pentingnya suatu perbedaan, justru dengan adanya perbedaan kehidupan bisa saling melengkapi dan menghormati. Di Pesantren perbedaan merupakan sunnahtullah¸bukan untuk dipertentangkan. Melainkan untuk diterima dan disikapi secara arif.

Ketiga, di pesantren kita akan dikenali dengan konsep barokah. Sering kita mendengar “setinggi apapun ilmumu, kalau tidak ada barokah dari kyai, maka ilmu itu akan sia-sia”. Sehingga nilai barokah jauh lebih penting dibandingkan ilmu itu sendiri, ilmu akan menjadi bermanfaat disaat nilai barokah dari sang guru atau kyai menyertai ilmunya.

Banyak cerita tentang keseharian santri lebih banyak berhidmad kepada kyainya dibanding menekuni kitab dipesantren. Sebab hidmadnya memperoleh barokah kyai, ilmunya mudah bertambah dan bermanfaat di masyarakat. Sebaliknya, santri yang banyak mengkhatamkan kitab, namun kurang hidmad atau kurang beradab kepada kyainya, seketika ilmu tersebut tidak bermanfaat sama sekali. Maka nilai barokah di lingkungan pesantren tidaklah kalah pentingnya.

Kelima, di pesantren anak kita akan diajarkan bagaiman cara bersosial. Tanpa disadari, lingkungan pesantren memberikan pelajaran hidup yang sangat berkesan. Misalnya, santri selalu makan bersama, ngaji bersama, berbincang dan bercanda dilingkup pesantren. Interaksi yang terjadi antar santri pun terbentuk sangat akrab. Sehingga susah dan senang dipesantren diraskaan pula oleh semua santri.

Maka tidak heran bila santri sudah diluar pesantren cenderung mampu untuk hidup mandiri, karena santri terbiasa mandiri secara pribadi dan sosial di pesantrennya. Hingga terjadilah pembentukan karakter diri santri yang tangguh, beriman dan memiliki budi pekerti yang baik. Karena terbiasa menghormati sesama santri, terlebih kepada orang yang lebih tua.

Ke-enam ialah hal yang sangat penting bagi seorang anak yakni “akhlak”. Santri di lingkungan pesantren dituntut memuliakan guru, kyai dan sesama santri, akan membentuk akhlak yang baik tindakannya, perkataan dan sikap. Tentu cerminan akhlak ialah buah dari ilmu yang diperoleh santri selama menuntut ilmu di pesantren, akhlak akan melekat di diri santri saat ketaatan, penghormatan kepada guru, kyai dan sesama santri dijaga dengan baik.

Maka sudah dapat kita ketahui bahwa pesantren bukan sebatas lembaga pendidikan semata, melainkan pembentukan karakter, akhlak, iman dan pribadi yang positif. Karena santri hidup dalam lingkungan pesantren yang penuh dengan nilai kebajikan, jauh dari pengaruh-pengaruh buruk dunia luar. Maka sudah sepantasnya pondok pesantren merupakan sarana pendidikan terbaik yang ada di Indonesia.

Pesantren Tahfizh Khusus Anak Al Azka membuka kesempatan bagi anak anda untuk sama-sama berjuang menjadi generasi quran yang memiliki akhlak panutan bagi keluarga dan bangsa. Di Pesantren Al Azka anak akan dibimbing menjadi penghafal Al-Quran yang mengikuti perkembangan teknologi zaman, karena santri diwajibkan mengikuti pendidikan formal dan ekstrakurikuler.

Segera daftar anak anda yang berada di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Memasuki ajaran tahun 2020-2021 Pesantren Al Azka membuka santri PUTRI baru. Anda dapat mendaftarkan anak anda secara online dengan mengunjungi situs website pendaftaran kami : ppdb.azkakamila.com. info selengkapnya dapat mengujungi website resmi Al Azka di www.azkakamila.com.pondok

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *